Seperti Apa Mindset Anda Selama Ini?

Rasanya sudah lama banget nggak nulis lagi di blog. Blog ini berasa nggak dirawat, nek jare wong jowo “suwe ora diopeni” hehehe. Oh ya langsung aja yaa.. nggak perlu basa-basi lagi. Karena basa-basi itu sudah menjadi hastag-nya salah satu produk rokok.

image

Jadi begini bro… kemarin sore pas lagi di ruang tunggu tempat kerja, ane lihat daily program di salah satu Tv swasta nasional. Kalo gak salah nama programnya “Tahu Nggak Sih?”. Kebetulan tema yang lagi diangkat tentang ilmu teknik. Nah disitu si naratornya nanya: Tahu gak siih apa itu konduktor?. Dan setelah nanya kepada beberapa kalangan masyarakat. Dari anak SD sampai anak kuliahan. Dari kalangan jomblo sampai yang terlupakan, ternyata semua jawabannya bantet kayak indomie yang dimasak pake air termos gitu broo..haha.
Walhasil dijawab sendiri sama si naratornya(kasihan yaa…nanya sendiri dijawab sendiri). Dia bilang Konduktor adalah bahan yang bisa menghantarkan panas. Terus apa yang salah dari jawaban tadi?, gak ada. Jawaban si nararor benar. Tapi dia hanya melihat hanya dari perspektif ilmu Termodinamika(baca: hanya satu sudut pandang saja). Padahal akan berbeda jika dilihat dari perspektif ilmu elektro tentang konduktivitas. Akan berbeda pula dari perspektif ilmu Metalurgi. Maaf mas narator, saya tidak menyalahkan hanya melengkapi saja. Peace.

Kita tinggalkan mas  narator yang tadi. Jika tadi tentang engineering science, sekarang kita pindah haluan tentang Ilmu Relativitas.  Dalam bukunya, Albert Einstein memberikan semacam kuisioner begini: Sebenernya matahari yang begerak dari timur ke barat? Apa bumi yang berotasi dari barat ke timur?(silahkan dipikirkan dulu).

Udah dapet dari apa yang kalian pikirkan?seriuuuss? Apa? Kalo  belum dapet jangan melanjutkan membaca tulisan ini. Mending ambil air wudhu terus sholat, ohya  jangan lupa juga wiridnya..hehehe.
Jadi dari tulisan saya yang gak banget tadi, saya bisa mengambil hikmah bahwa cara pandang seseorang terhadap suatu kondisi itu bermacam-macam. Yang terbaik adalah mereka yang memiliki kemampuan melihat suatu keadaan tidak hanya dari satu sudut pandang saja. Kalo bisa dua, tiga atau empat…ente mau nambahin???. Semisal ketika seseorang dihadapkan pada satu masalah. Maka ada sebagian yang memandangnya sebagai beban dan hanya beberapa yang mandangnya sebagai tantangan yang harus ditaklukan. Well..i think enough soalnya ane mau kondang dulu bro..hehehe. kalo Allah memberikan kesempatan kita lanjut lagi. Be Good Be Smart and spread your charm…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s